Amalan dan Doa Agar Terbebas dari Jerat Hutang

Islam memperbolehlah muamalah hutang piutang dengan cara yang benar dalam artian tidak disertai riba. Perbuatan  berutang dan memberi utang dapat dinilai perbuatan saling tolong menolong demi kebaikan. Namun bagi yang berhutang jangan sampai lupa kewajiban untuk membayar kembali dan dalam hal ini harus menunjukkan itikad baik untuk mengembalikan hutang

Sering kali orang yang berhutang mengalami kesulitan untuk menunaikan kewajibannya. Jika terlanjur ada dalam kondisi ini, Anda dapat berusaha bekerja lebih keras sembari mengamalkan doa agar bebas dari hutang.

Doa Pelunas Hutang

Berada dalam lilitan  hutang bukan suatu yang baik, bahkan bisa menjadikan frustrasi. Berserah pada Allah dalam doa sembari tetap melakukan ikhtiar bisa menjadi pilihan. Berikut amalan doa yang ajarkan  Rosulullah SAW untuk memudahkan segala urusan urang:

  • Doa terbebas rasa malas untuk membayar hutang

Pertama ada doa terhindar dari rasa malas untuk membayar hutang. Beberapa orang terlilit hutang karena kecerobohan sendiri yakni tidak segera melunasi ketika sebenarnya memiliki kemampuan untuk membayarnya. Selanjutnya ketika sudah tiba waktu membayar membuat bingung sendiri.

Karenanya Rasul mengajarkan doa agar terbebas dari rasa malas untuk membayar hutang berikut:

اللَّهُمَّ الْهَمِّ الْحَزَنِ الْعَجْزِ الْكَسَلِ الْجُبْنِ الْبُخْلِ لَبَةِ الدَّيْنِ الرِّجَالِ

Allahumma innii a'udzubika minal hammi wal-hazani, wa a'udzubika minal 'ajzi wal-kasali, wa a'udzubika minal jubni wal-bukhli, wa a'udzubika min gholabatid-daini wa qohrir-rijaali”


Doa di atas memiliki arti “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari dan kedukaan, dari kelemahan kemauan dan rasa malas, dari sifat pengecut dan bakhil, dari banyak hutang dan kezaliman manusia.”


Baca juga: 10 DOA SEHARI-HARI UNTUK DIAJARKAN KE ANAK DI SETIAP KEGIATAN


  • Amalan Dzikir untuk melunasi hutang

Selanjutnya ada amalan zikir  untuk memudahkan urusan dalam melunasi hutang. Amalkan bacaan tersebut tiap-tiap sujud akhir atau baca hingga sebanyak 40 sampai 100 kali. Berikut amalan doa zikir untuk melunasi hutang:

الله لا ا ا


Alloohu Robbi. Laa usyriku bihii syai-aa.

Dua kalimat pada doa tersebut, ada penjelasan di setiap katanya. Allah SWT  sebagai Tuhan kita semua tempat terserah memohon bantuan kemudahan membayar utang dengan memberi rizki. Allah SWT memiliki kemampuan membebaskan segala kesulitan yang dihadapi dalam mencapai tujuan agar hutang dapat lunas terbayar  

Dengan amalan ini diikuti ikhtiar, pasti akan ada jalan yang mudah untuk melunasi hutang. Jangan sampai memilih jalan yang salah yang justru membuat semakin banyak tanggungan yang harus dihadapi.

  • Doa agar pekerjaan lancar dan bebas dari hutang

Berikutnya ada doa agar pekerjaan lancar agar bisa lebih mudah terbebas dari hutang. Berikut doa yang dapat dilantunkan:

اللَّهُمَّ لاَ سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَأَنْتَ تَجْعَلُ الحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً


Allahumma laa sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa”

Doa tersebut memiliki arti: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan menjadikan tuntutan (kesulitan), jika Anda kehendaki pasti akan menjadi mudah.

Doa  tersebut meminta Allah memudahkan pekerjaan yang merupakan ikhtiar untuk melunasi butang. Dengan lancarnya pekerjaan, mendapat rizki maka akan segera terbebas dari hutang.

Itulah beberapa doa dan amalan untuk terbebas dari hutang. Dalam Islam tidak ada jalan terbaik selain berserah diri pada Tuhan Allah SWT untuk memudahkan segala urusan termasuk hutang piutang. Tentu harus tetap diikuti usaha kuat dalam bekerja sebab riski tidak akan turun langsung dari langit.

Comments

Popular Posts