Hal-hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mempelajari Bahasa Rusia Dasar. Apa Saja?


Bahasa Rusia menjadi bahasa yang digunakan sebagai bahasa utama di Eropa Timur dan bahkan menjadi bahasa resmi dari beberapa negara seperti Belarus, Kazakhstan, dan Kirgistan. Bahasa Rusia menjadi bahasa keenam yang paling banyak digunakan di dunia. Untuk Anda yang sedang tertarik mempelajari bahasa Rusia dasar, simak hal-hal penting berikut ini!

1. Pelafalan alphabet bahasa Rusia yang agak menantang 

Salah satu keunggulan mempelajari bahasa Rusia dasar adalah pembelajarannya yang dianggap lebih mudah dibandingkan bahasa Inggris yang banyak menggunakan tense. Dalam bahasa Rusia, Anda tidak akan menemukan semua hal ini. 

Namun Anda akan mempelajari pelafalan bahasa Rusia yang dinilai cukup sulit karena bahasa Rusia dasar menggunakan alphabet Rusia kontemporer dengan 33 huruf dan tidak termasuk aksara latin. Sebagian hurufnya hanya ada dalam bahasa Rusia dan butuh usaha yang konsisten untuk memahami cara pelafalan yang benar dan sesuai. 

2. Gender tiap kata benda

Dalam bahasa Rusia, Anda akan menemukan bahwa terdapat konsep gender di kata benda seperti maskulin (мужской род), netral  (средний род) dan feminin (женский род). Dalam bahasa Indonesia umumnya seperti paman yang menjuru kepada maskulin dan bibi yang feminine. 

Dalam bahasa Rusia, semua kata benda yang tidak hidup pun memiliki gender sehingga hampir semua kata benda dikelompokkan berdasarkan gendernya. Untuk mengetahui gender di tiap kata benda, biasanya diketahui melalui dengan melihat akhiran di tiap kata bendanya. 

3. Bahasa Rusia memiliki kasus tata bahasa 

Bahaas Rusia memiliki sistem kasus tata bahasa yang sering dianggap menjadi kesulitan terbesar dalam mempelajari bahasa Rusia dasar. Kasus ini merupakan fungsi dari kata benda yang memberi makna apakah kata tersebut berfungsi sebagai subjek, objek langsung, objek tidak langsung, instrumental, dan alat lainnya. 

Dalam bahasa Rusia, dikenal ada enam kasus tata bahasa dimana setiap kasusnya memiliki fungsi tersendiri terhdap kata benda dalam setiap frasa dan kalimat. Setiap kata benda akan memiliki akhiran yang berbeda jika berada pada kasus yang berbeda. 

Perlu diingat bahwa kata benda tunggal dan jamak, serta kata benda hidup and tak hidup memiliki akhiran yang berbeda-beda di tiap kasusnya. Untuk itu, penting selalu konsisten dalam memahami bahasa Rusia dasar. 

4. Negasi ganda

Negasi ganda ditemukan ketika Anda akan mempelajari bahasa Rusia dasar yang dinilai membingungkan. Dalam bahasa Rusia, menyatakan negasi menggunakan partikel kalimat tertentu yang memiliki artian yang berbeda. 

5. Aspek kata kerja 

Aspek kata kerja menjadi hal lain yang harus diperhatikan ketika Anda ingin mempelajari bahasa Rusia dasar. Asoek kata kerja imperfektif atau perfektif setiap kali menggunakan kata kerja karena semuanya tergantung dari keinginan subjek kalimatnya apakah menginginkan proses atau tindakan berulang atau menekankan pada hasil atau tindakan yang dilakukan sekali. 

6. Kata kerja refleksif

Kata kerja yang berakhiran –ся menjadi ciri khas tersendiri dalam bahasa Rusia dasar yang menunjukkan kata kerja refleksif. Kata kerja refleksif merupakan perbuatan yang dampaknya terhadap diri sendiri atau bisa juga dampaknya bersamaan terhadap diri sendiri dan orang lain. 

7. Kata kerja gerak 

Kata kerja gerak menjadi hal yang masuk dalam kategori sulit dalam bahasa Rusia dasar. Karena dalam pembelajaran kata kerja gerak ini tidak ditemukan dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. 

Kata kerja gerak ini menunjukkan setiap subjek yang bergerak apakah bergerak dengan berjalan kaki atau menggunakan kendaraan. Belum lagi, ditambah dengan adanya penambahan awalan kata kerja gerak yang berfungsi untuk menekankan makna apakah gerakan tersebut bergerak masuk atau keluar.

Comments

Popular Posts