Begini Syarat Untuk Dapatkan Vaksin Booster Terbaru!

Syarat Untuk Dapatkan Vaksin Booster Terbaru, Simak Di Sini!

Sumber: Sekretariat Kabinet

Syarat dapatkan vaksin booster menjadi salah satu perbincangan hangat dikalangan masyarakat Indonesia. Vaksinasi dosis ke 3 atau dikenal dengan sebutan vaksin booster COVID-19 ini merupakan vaksinasi dengan jenis vaksin yang sama (Homolog) atau dengan jenis vaksin yang berbeda (Heterolog) dengan syarat sudah vaksinasi primer dosis 1 dan 2.

Vaksinasi booster ini diperlukan sebagai memperkuat daya tahan tubuh dari resiko terburuk COVID-19 dan untuk memperpanjang masa perlindungan dari vaksinasi primer.

Target awal pemerintah di bulan Januari kepada 21 juta orang, dengan ini, Pemerintah Indonesia berupaya berkontribusi dalam komitmen dari WHO.

Nantinya Vaksin Booster ini akan disebar ke 244 kabupaten/kota di Indonesia dan vaksin ini akan diberikan kepada masyarakat umum yang telah memenuhi semua syarat dan kriteria.

Per tanggal 3 januari 2022, Pemerintah Indonesia telah mengamankan 113 juta dosis stok vaksin booster. Sementara untuk jenis vaksin yang akan digunakan sebagai booster menunggu rekomendasi dari ITAGI (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization) dan BPOM.

Saat ini sudah ada 6 jenis regimen Vaksin Booster yang akan digunakan di Indonesia, diantaranya yaitu Moderna, Sinovac, AstraZeneca, Pfizer, Janssen dan Sinopharm.

Keenam jenis vaksin booster ini telah sesuai dengan rekomendasi dari ITAGI dan mendapatkan EUA dari BPOM.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum di Vaksin

1. Jangan Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Sumber: Suara.com

Seperti yang sudah diketahui bahwa minuman beralkohol sama sekali tidak memberikan dampak bagus bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, justru kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol akan merusak kesehatan tubuh lho!

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan jika minuman beralkohol dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sedari itu, usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman beralkohol 2 hari sebelum vaksinasi sampai sekitar 2 minggu setelahnya (kalau bisa berhenti selamanya ya). 

Mengapa demikian? Ya, hal tersebut bertujuan agar sistem daya tahan tubuhnya tetap kuat sehingga bisa menghasilkan reaksi kekebalan tubuh yang baik guna mencegah paparan virus covid-19. 

2. Jangan Berolahraga Secara Berlebihan

Sumber: CNN Indonesia

Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan kerap memberikan dampak buruk. Begitu pun dengan kegiatan olahraga yang berlebihan. Pasalnya, kegiatan olahraga yang berlebihan juga dapat melemahkan daya tahan tubuh. 

Nah, agar kondisi tubuh tetap sehat dan aman sebelum vaksinasi, sebaiknya kamu berolahraga selama 20 – 30 menit dalam 3 – 4 kali per minggu. 

Baca juga: Baca Review Film Terbaru 2022 di IDN App

3. Mencukupi Asupan Nutrisi

Sumber: detikHealth

Guna mejaga daya tahan tubuh tetap stabil, disarankan bagi kamu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Seperti protein, vitamin, serta mineral selama 7 hari sebelum dan sesudah di vaksin. Selain mengosumsi makanan bergizi, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Lalu, apa saja syarat penerima vaksin booster?

  • Berusia 18 tahun keatas
  • Sudah mendapatkan vaksin dosis 2 selama minimal 3 bulan
  • Kondisi badan sehat
  • Memiliki KTP (Kartu Tanda Pengenal)
  • Tidak sedang dalam keadaan positif Covid-19
  • Mempunyai tiket vaksinasi booster di situs/aplikasi PeduliLindungi

Apa saja manfaat vaksin booster?

Sumber: VOI

Terdapat beberapa manfaat yang akan kita dapat jika menjadi penerima vaksin booster, diantaranya :

  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Membantu mengurangi penyebaran viru COVID-19
  • Memperpanjang masa perlindungan terhadap Virus Covid-19

Efek samping vaksin COVID-19


Sumber: Jakarta - Bisnis.com

Penerima vaksin covid-19 kemungkinan besar mengalamii Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) contohnya sebagai berikut :

  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Nyeri pada area suntikan
  • Demam
  • Nyeri sendi
  • mengigil
  • Gejala mirip flu dalam kurun waktu selama 1-2 hari.


Comments

Popular Posts