10 Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar dan Efektif

Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja

Ingin Melamar Pekerjaan? Pastikan Kamu Mengikuti Langkah Membuat Surat Lamaran Kerja Berikut Ini

Langkah membuat surat lamaran kerja yang akan dijelaskan berikut ini bisa kamu lakukan agar melamar pekerjaan menjadi lebih efektif. Saat sedang mencari pekerjaan, surat lamaran kerja merupakan dokumen penting yang harus kamu siapkan saat melamar kerja. Surat lamaran kerja menjadi poin penting yang akan menentukan apakah kamu diterima kerja di tempat atau perusahaan yang dilamar atau justru tidak diterima. 

Tentunya kamu harus mempromosikan diri dengan sebenar – benarnya tanpa mengada – ada, hal itu dapat menjadi nilai tambah bagi perusahaan yang dilamar. Karena itu, kamu harus membuat surat lamaran kerja dengan benar agar peluang bisa diterima di perusahaan yang akan menerima kerja makin besar. Hal itu dikarenakan ada banyak sekali orang yang membutuhkan pekerjaan namun lapangan kerja yang tersedia sedikit atau tidak memadai. Sehingga untuk bisa diterima kerja di perusahaan yang diinginkan mungkin saja menjadi susah karena ketatnya persaingan. 

Umumnya cara membuat surat lamaran kerja yang benar untuk diajukan ke tempat atau perusahaan manapun isinya sama saja. Entah itu cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja ke bank, ataupun cara membuat surat lamaran kerja ke perusahaan. 

Berikut ini langkah – langkah yang bisa kamu ikuti untuk membuat surat lamaran kerja yang benar. Pastikan kamu menuliskan poin – poin berikut ini secara berurutan!

  1. Tempat dan tanggal penulisan surat lamaran kerja.

  2. Kepada Yth (Yang Terhormat) nama orang di perusahaan yang akan menerima kerja beserta gelar dan jabatannya atau nama perusahaan yang dituju.

  3. Jangan lupa tuliskan juga alamat lengkap perusahaan yang dituju.

  4. Menulis salam pembuka

  5. Menulis kata pengantar atau pembukaan

Saat menulis kata pengantar atau kata pembukaan, cantumkan darimana kamu dapatkan informasi tentang lowongan kerja yang dibuka oleh perusahaan yang kamu tuju. Sebutkan apakah kamu mendapatkannya dari surat kabar atau internet, atau bahkan dari teman. 

Jangan lupa sebutkan juga posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih jika perusahaan yang dituju membutuhkan karyawan baru yang banyak. 

  1. Biodata Pribadi

Tuliskan biodata pribadi kamu yang terdiri dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, dan pendidikan (namun tidak wajib).

Jika ingin menuliskan latar belakang pendidikan, tuliskan saja latar belakang pendidikan tertinggi atau terakhir. 

  1. Pengalaman Kerja Dan Kemampuan

Sebagai pendukung, jika sebelumnya pernah bekerja, kamu bisa tuliskan pengalaman kerja sebelumnya. Namun jika belum pernah bekerja (fresh graduate), maka tidak perlu tuliskan apapun. Tuliskan juga kemampuanmu yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan yang dituju. 

  1. Penutup

Pada bagian penutup, uraikan bahwa kamu memiliki harapan besar agar bisa diterima di perusahaan yang dituju, serta jangan lupa sampaikan ucapan Terima Kasih. 

  1. Lampiran Surat Lamaran Kerja Yang Benar

Untuk menyakinkan perusahaan yang dituju agar menerima kamu bekerja, lampirkan juga hal – hal berikut ini yang bisa menambah nilai kamu dimata perekrut kerja. 

  • Lampirkan Pas foto (foto terbaru)

  • Lampirkan Fotokopi KTP

  • Lampirkan Daftar Riwayat Hidup 

  • Lampirkan Fotokopi ijazah terakhir

  • Lampirkan fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah diikuti)

  1. Hormat Saya, (Tanda tangan dan nama lengkap)

Itulah langkah membuat surat lamaran kerja yang benar dan efektif yang bisa kamu tiru. Jika surat lamaran kerja yang kamu kirimkan benar, maka tentunya kamu memiliki peluang besar untuk diterima di perusahaan yang diinginkan. 

Baca Juga: Berikut Ini Beberapa Contoh Surat Lamaran Kerja

Comments

Popular Posts