Memahami Definisi Cerita Rakyat, Ciri, Fungsi, & Jenis-Jenisnya

Sekarang sudah jamannya modernisasi, banyak aspek kehidupan tersentuh teknologi canggih. Sejak mulai bangun tidur sampai beristirahat kembali malam hari, sering kali kita dekat dengan teknologi. Tentunya sangat disayangkan kalau kekayaan Indonesia mulai dari budaya, cerita rakyat, adat istiadat, baju adat, rumah adat dan sebagainya punah. Cerita rakyat itu sendiri ialah cerita yang asalnya dari masyarakat jaman dulu. Biasanya cerita rakyat pendek sering diperkenalkan untuk generasi berikutnya. Jadi semacam ciri khas untuk negara dengan beraneka ragam sejarah dan budaya termasuk yang dipunyai Indonesia. Pada cerita rakyat, maka biasanya bercerita mengenai tempat atau asal muasal suatu tokoh yang dimunculkan di cerita tersebut. Tokoh yang disampaikan bisa manusia, binatang, makhluk gaib dan sebagainya. Isi cerita rakyat sudah berkembang, cerita ini sudah dari zaman dahulu ada dan telah diwariskan dan disebarluaskan. Agar bisa lebih memahami cerita rakyat lebih dalam, bisa coba simak info kali ini. 

Memahami Definisi Cerita Rakyat, Ciri, Fungsi, & Jenis-Jenisnya


Definisi Cerita Rakyat

Bisa dibilang cerita rakyat ialah salah satu karya sastra dengan wujud cerita yang muncul, hidup, serta berkembang di tengah masyarakat tradisional. Biasanya cerita rakyat disebarkan lewat lisan, dan disebarkan pada jangka waktu lumayan lama. Arti cerita rakyat juga termasuk wujud ekspresi budaya yang terdapat di masyarakat lewat tutur, dengan hubungan langsung dengan aspek budaya. Termasuk juga susunan sosial masyarakatnya. Definisi lain dari cerita rakyat yaitu kisah perjuangan, romantisme atau kisah cinta dan bisa juga yang lainnya yang terjadi dari masa lampau. Lalu cerita rakyat dijadikan pelajaran untuk masa mendatang.

Ciri-Ciri Cerita Rakyat

Berikut ini ada beberapa ciri dari cerita rakyat yang perlu kalian ketahui.

- Kaya akan nilai-nilai luhur.

- Cerita rakyat tersampaikan secara lisan.

- Bersifat tradisional.

- Disampaikan turun-temurun.

- Memiliki beragam variasi atau versi .

- Tidak diketahui pertama kali dibuat oleh siapa.

- Memiliki bentuk-bentuk klise pada susunan atau pun cara pengungkapannya.

Fungsi Adanya Cerita Rakyat

Berikut ada beberapa fungsi cerita rakyat:

Pendidikan

Pada dasarnya adanya cerita rakyat mampu menyampaikan amanat atau pesan yang bisa bermanfaat untuk watak kepribadian pendengarnya.

Hiburan

Jika mendengarkan berbagai cerita rakyat, misalnya sepeti legenda, dongeng, dan mite, maka kita sekan-diajak berkelana menuju alam lain dan yang tak kita bisa jumpai pada pengalaman hidup kita sehari-hari.

Sosial Budaya

Bisa juga cerita rakyat sebagai sarana penunjang kesetiakawanan antar warga masyarakat, cerita rakyat bisa menjadi bahan obrolan sehari-hari dengan warga sekitar. Cerita rakyat bisa mengukuhkan nilai-nilai sosial dan budaya yang berlaku pada masyarakat. Di dalam kisah cerita rakyat biasanya banyak ajaran-ajaran moral dan etika yang bisa digunakan sebagai pedoman menjalani kehidupan bermasyarakat.

Jenis -Jenis Cerita Rakyat

Ada yang namanya Fabel, yaitu cerita rakyat dengan tokoh pelakunya yaitu binatang. Biasanya tokoh binatang tersebut bisa berperilaku layaknya seperti manusia. Ada juga Legenda yang merupakan cerita yang bercerita mengenai asal-usul suatu tempat. Ada pun juga Mite, untuk Mite ini memuat kisah mengenai dewa-dewi. Biasanya Mite berhubungan dengan hal sakral, mistis dan sejenisnya. Selanjutnya ada Sage yaitu cerita dengan isinya berupa kandungan unsur sejarah. Ada pun Epos yaitu cerita kepahlawanan, lalu ada Cerita Jenaka yang sesuai namanya menceritakan sesuatu hal yang lucu. Ada pun Paralel dengan tokoh hewan dan manusia. Lalu yang terakhir yaitu Parabel dengan gambaran cerita moral para tokoh yang merupakan benda mati. 




Comments

Popular Posts