5 Makanan Khas Surabaya Yang Enak Dan Unik Tampilannya

 

makanan-khas-surabaya
Almond Crispy

newtimmy.com - Meski Surabaya tidak memiliki kekayaan wisata alam seperti kota Bandung, namun kota pahlawan ini memiliki kekayaan kuliner khas yang melimpah ruah. Semua makanan khas Surabaya memiliki tampilan unik, dan soal rasanya sudah tentu enak.

Berikut dibawah ini rekomendasi 5 makanan khas Surabaya yang enak dan unik tampilannya : 

  1. Bebek Palupi

Bebek Palupi merupakan sebuah warung makan yang sangat populer di kota Surabaya. Kuliner ini termasuk legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1996. Sebelum menjadi warung makan dulunya sang penjual menjajakannya dengan berkeliling menggunakan gerobak.

Warung ini memiliki menu bebek yang menjadi andalannya yaitu bebek goreng. Meski penyajiannya tampak sangat sederhana atau hanya bersama sambal tomat dan juga lalapan. Namun bebek goreng di warung ini terasa sangat renyah dengan sensasi bumbu rempah gurih. Daging bebeknya juga bertekstur empuk dan tidak bau amis. 

Kamu bisa beli Bebek Palupi di Kedai Bebek Palupi di Kota Surabaya, dengan harga Rp. 18 ribu hingga Rp. 20 ribu per porsi.


  1. Pohong Tata

Sebenarnya makanan khas Surabaya ini berupa singkong goreng, namun camilan yang awalnya tampak sederhana ini kemudian diolah dengan cara modern. Dan hasilnya tercipta singkong goreng khas Surabaya yang bernama Pohong Tata. 

Dikemas dengan menggunakan kotak khusus berwarna merah muda yang membuat tampilannya tampak menarik. Jargon yang digunakan merek Pohong Tata ini juga cukup unik yaitu “Produk yang dijual boleh sama, namun rezeki beda”. 

Kamu bisa beli Pohong Tata di Kedai Pohong Tata Surabaya, dengan harga Rp. 12,5 ribu hingga Rp. 20 ribu per pack.


  1. Almond Crispy

Almond Crispy merupakan makanan khas Surabaya yang bisa dijadikan oleh oleh yang cukup populer belakangan ini. Banyak orang yang suka makanan ringan ini karena teskturnya yang renyah atau krispi dan rasanya manis. 

Oleh oleh khas ini hadir dalam tiga varian rasa yaitu original, cokelat, dan juga green tea. Almond Crispy bentuknya tipis dan sesuai dengan namanya yang diberi topping berupa kacang almond. 

Selain itu juga ada tambahan parutan keju diatasnya, sehingga terkadang disebut juga dengan nama Almond Crispy Cheese. Kamu bisa menjadikan camilan ini sebagai oleh oleh, dengan membelinya di Toko Wisata Rasa di Surabaya seharga Rp. 40 ribu hingga Rp. 50 ribu per pack. 


Baca Juga: 6 MAKANAN TRADISIONAL KHAS JAWA, DIJAMIN ENAK!


  1. Nasi Campur Tambak Bayan

Sebenarnya makanan khas Surabaya ini bisa kamu temukan di kota lain. Pasalnya ada banyak sekali warung makan yang menjajakan nasi campur ini. Namun nasi campur di pasar wetan nomor 7 Surabaya ini wajib dicoba. Makanan khas kota Pahlawan ini dikenal dengan nasi tambak bayan.

Satu porsi nasi tambak bayan berisi nasi hangat, daging empal, mie putih, telur, dan sambal. Kamu juga bisa tambahkan lauk lain sesuai dengan selera. Karena warung ini menyediakan banyak sekali lauk pauk. Kuliner khas ini cocok dijadikan untuk menu sarapan atau makan siang. 


  1. Mie Pecun Khas Surabaya

Mie pecun khas Surabaya ini sedang populer di Surabaya. Apalagi buat kamu yang suka kuliner pedas. Mie pecun terbuat dari mie yang diberi bumbu tertentu lalu ditaburi irisan daging. Yang membuat makanan ini unik adalah memiliki level pedasnya. Kamu bisa memilih tingkat kepedasannya sendiri, mulai dari level 1 hingga level 10.  

Nama pecun pada kuliner ini merupakan singkatan dari Mie Pedas Bebas Racun. Jika kamu penasaran dengan makanan khas Surabaya ini, bisa datang langsung ke Jalan Anjasmoro hotel Widodaren atau di Jalan Siwalankerto samping kampus Universitas Kristen Petra.

Nah, itu dia deretan rekomendasi makanan khas Surabaya yang bisa kamu coba, ketika sedang berkunjung kesana. Semoga bisa menambah referensimu dalam kulineran, ya!

Comments

Popular Posts