6 Makanan Tradisional Khas Jawa, Dijamin Enak!

6 Makanan Tradisional Khas Jawa

newtimmy.com - Dari dulu Indonesia memang sangat terkenal memiliki beragam kuliner Nusantara yang memiliki citarasa yang khas. Hampir di seluruh kota yang ada di Nusantara memiliki ciri khas makanan tradisionalnya yang unik dan berbeda. Salah satunya adalah makan tradisional Jawa. 

Makanan Jawa ini memiliki rasa yang sangat beragam, ada yang rasanya manis, pedas, dan ada juga yang memiliki rasa perpaduan semuanya. Lalu apa saja makanan khas Jawa? Berikut beberapa makanan tradisional khas Jawa :

1. Getuk

Makanan tradisional khas Jawa yang pertama adalah Getuk. Makanan yang berupa olahan dari singkong ini memiliki tekstur yang sangat lembut mulut serta tampilan warnanya yang bisa menggugah selera. Makanan yang bisa anda temukan di Jawa Tengah dan Yogyakarta ini mengenyangkan sehingga sangat cocok untuk dijadikan sarapan pagi. Getuk ini terbuat dari bahan dasar singkong atau ketela rebus yang dihaluskan lalu diberi pewarna. Selain itu, biasanya cara penyajiannya juga dilengkapi dengan urap atau taburan kelapa parut yang telah dikukus di atasnya.  

2. Gudeg

Salah satu makanan khas Jawa yang paling populer adalah gudeg Jogja. Dimana, gudeg ini terdiri 3 jenis varian, yakni Gudeg Basah, Gudeg Manggar, dan Gudeg Kering. Bagi anda yang ingin membawa gudeg ini sebagai oleh-oleh buat orang-orang di rumah, anda bisa membeli Gudeg Kering. Karena Gudeg Kering ini lebih awet dan tahan lama dibandingkan jenis gudeg yang lainnya. Untuk mendapatkan gudeg ini di Jogja anda tidak usah bingung dalam mencarinya, karena banyak penjual gudeg di setiap jalan di Jogja. 

3. Cenil Jogja

Makanan khas Jawa asal Jogja lainnya adalah Cenil Jogja. Memang Cenil ini merupakan salah satu makanan khas Pulau Jawa, sehingga di beberapa daerah di Pulau Jawa memiliki olahan khas tepung ini, termasuk di Jogja. Namun, pastinya Cenil yang ada di Jawa Tengah dan di Jawa Timur berbeda, baik itu dari jenis bumbu maupun rasa serta teksturnya. Maka dari itu, anda bisa mencicipinya untuk membandingkan rasanya. Begitupun saat berkunjung ke Jogja, anda bisa mencobanya sendiri Cenil Khas Jogja. 

4. Orem – Orem

Salah satu makanan tradisional khas Jawa yang populer adalah Orem-Orem. Makanan ini terbuat dari bahan dasar irisan tempe goreng dan ayam yang diolah dengan kuah santan kental. Selain itu, makanan yang berasal dari Malang, Jawa Timur ini juga disajikan dengan irisan ketupat beserta lauk tempe dan tauge, lalu disiram kuah santan. Yang paling unik dari Orem-Orem ini adalah pada cara memasaknya yang menggunakan bahan bakar arang dan bahan dasar tempe khas Malang.

5. Puthu Lanang

Makanan tradisional khas Jawa dari Malang lainnya adalah Puthu Lanang. Di Malang, terdapat warung putu legendaris yang berada di mulut sebuah gang sempit yang didirikan oleh Bu Soepijah. Walaupun hanya menjajakan aneka jajanan dan kudapan ringan yang lezat, seperti klepon, lupis, putu, dan ceni. Namun warung ini selalu dipenuhi oleh para pembeli setiap harinya.

6. Getuk Goreng

Makanan khas Jawa yang terakhir adalah Getuk Goreng. Sama dengan getuk pada umumnya, namun cara penyajiannya yang berbeda, yang biasanya singkong dukukus dan ditumbuk, namun makanan ini masih ada proses menggorengnya sehingga disebut dengan Getuk Goreng. Getuk Goreng ini merupakan makanan khas Jawa yang berasal dari dareah Sokaraja, Banyumas Jawa Tengah. Makanan ini memiliki rasa yang manis dan gurih sehingga banyak orang yang menyukainya.


Comments

Popular Posts