Kenali Jenis-Jenis dari Tanaman Monstera yang Sedang Viral

jenis-jenis-tanaman-monstera

NewTimmy.com - Hobi berkebun pastinya sudah bukan hobi yang asing lagi buat kalian yang bosan di rumah atau sekedar mencari hobi yang memanjakan diri. Hobi berkebun dan bercocok tanam ini pastinya sudah banyak di kenal di kalangan millennials. Berbagai jenis tanaman yang ditanam seperti bumbu dapur dan sekedar tanaman hias saja sudah banyak dicoba. Di tahun ini yang paling banyak diminati pastinya tanaman hias yang aesthetic banget nih di foto di Instagram. Tanaman monstera sedang menjadi trend di tahun ini. Nah, tentunya kamu pasti sudah pernah dengar yang namanya tanaman monstera ini.

Jenis-jenis Tanaman Monstera

Tanaman monstera merupakan tanaman yang memiliki daun yang besar dan biasanya hidup di daerah yang lembab. Tanaman monstera ini memang susah untuk dirawat dan susah ditemukan di daerah seperti Indonesia. Selain karena minatnya yang sedang tinggi, tanaman monstera pada saat ini memiliki harga jual yang tinggi karena pertumbuhannya yang sangat lamban. Pertumbuhan tanaman monster yang lamban ini membuat beberapa orang yang menjual tanaman monstera yang sudah besar mempunyai kisaran harga yang tinggi. Tanaman monstera sendiri membutuhkan waktu sampai 3 bulan untuk mencapai umur dewasanya.

Selain kegunaannya dalam koleksi dan hobi, tanaman monstera juga memiliki manfaat dalam menyejukkan dan menyaring udara. Hal ini dikarenakan daunnya yang sangat besar. Kebanyakan orang yang mempunyai tanaman monstera ini memang sengaja menanamnya di pot dalam rumah. Ketika tanaman tersebut ditanam di dalam ruangan, kesan sejuk dan perasaan sejuk yang ada di dalam ruangan akan terasa. 

Baca juga: 7 Jenis Monstera Berdaun Cantik yang Cocok Jadi Penghias Rumahmu 

Buat kamu yang lagi pengen nyoba cari tanaman monstera atau pengen lebih tahu lebih jauh tanaman monstera wajib banget tahu jenis-jenis tanaman monstera ini.

1. Monstera Deliciosa

jenis-tanaman-monstera-deliciosa

Monstera ini adalah jenis monstera yang paling umum. Bentuk daunnya berlubang dan mempunyai bentuk yang menyerupai hati. Tanaman monstera jenis ini adalah tanaman hias. Seperti pada umumnya, warna dari daun monstera deliciosa ini adalah hijau. Tetapi semakin tua tanaman tersebut akan mempunyai warna yang lebih tua. Jenis monstera deliciosa ini paling cocok ada di dalam ruangan karena yang cocok dengan suhu ruang yaitu 20 sampai 30 derajat celcius.

2. Monstera Adansonii

jenis-tanaman-monstera-adansonii

Monstera jenis adansonii ini memilki lubang juga seperti jenis deliciosa tetapi hanya ada di tengah daun. Selain itu, ukuran monstera adansonii ini lebih kecil dari monstera pada umumnya. Yang menarik adalah monstera jenis adansonii ini mempunyai pertumbuhan yang merambat.

3. Monstera Borsigiana

jenis-tanaman-monstera-borsigiana

Monstera jenis borsigiana ini memiliki daun yang tidak begitu besar. Monstera jenis ini memiliki daun yang lebih lunak dibanding yang lainnya. Selain itu, monstera borsigiana memiliki konstruk yang mirip dengan deliciosa

4. Monstera Obliqua

jenis-tanaman-monstera-obliqua

Jenis monstera obliqua memiliki daun yang kecil seperti adansonii dan memiliki daun yang berlubang. Motif lubang pada monstera obliqua ini memiliki daun yang tipis dibanding monstera lainnya

5. Monstera Variegata

jenis-tanaman-monstera-variegata

Monstera jenis variegata ini paling jarang ditemui di pasaran karena jarang ada yang menjual jenis ini. Yang menjadi unik adalah daun dari monstera variegata ini memiliki kombinasi warna hijau dan putih kekuningan

6. Monstera Dubia

jenis-tanaman-monstera-dubia

Jenis monstera dubia ini tidak memiliki daun berlubang seperti jenis monstera lainnya. Tetapi yang menjadi hal unik dari monstera jenis ini adalah tulang daun yang menonjol di permukaan daunnya.

7. Monstera Siltepecana

jenis-tanaman-monstera-siltepecana

Jenis monstera siltepecana ini memiliki daun yang tidak berlubang juga. Selain itu, jenis monstera siltepecana ini memiliki warna perak di tengah tulang daunnya.

Itulah jenis-jenis tanaman monstera yang bisa kamu ketahui sebelum menentukan akan membelinya. Jadi, kamu tertarik untuk mengoleksi yang mana dulu nih readers? 

Comments

Popular Posts