Ide Bisnis Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan Dari Rumah

ide-bisnis-sampingan-dari-rumah

newtimmy.com - Sebagai seorang karyawan, tentu saja kita tidak bisa terus mengandalkan gaji per bulan dalam menentukan masa depan. Dengan kata lain, kita harus memiliki penghasilan tambahan dengan cara memulai bisnis sampingan. Nah, secara kebetulan juga, pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa ide bisnis sampingan yang bisa dilakukan dari rumah. Oleh karena itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini. 

1. Menjadi Youtuber

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, tampaknya menjadi seorang Youtuber merupakan salah satu pilihan paling tepat untuk dijadikan bisnis sampingan. Pasalnya, bisnis sampingan yang satu ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan yang lebih menariknya lagi, kita tidak membutuhkan modal yang besar lho. Ya, cukup bermodalkan sebuah gadget dan kuota internet, kamu pun bisa langsung melakukan kegiatan tersebut. 

Sebagai langkah awal, kamu harus menentukan terlebih dulu mengenai jenis konten yang akan dibuat. Dalam hal ini, usahakan untuk membuat konten asli yang original dan tidak menjiplak konten Youtuber lain. Jika jumlah subscribe dan durasi tayangnya sudah sesuai dengan standar Youtube, maka kamu akan mendapatkan uang dari pihak Youtube dengan cara di transfer. Bahkan, bukan tidak mungkin akan ada iklan atau produk tertentu yang meng-endorsemu. Nah, dari sanalah kamu bisa menghasilkan uang dalam jumlah yang cukup banyak. 

2. Menjadi Selebgram

Selain menjadi Youtuber, menjadi selebgram juga bisa menghasilkan uang yang cukup menggiurkan lho. Sebut saja beberapa selebgram yang sukses berkat kontennya di Instagram, seperti Awkarin, Bintang Emon, dan masih banyak lagi. Satu lagi selebgram yang saat ini tengah hits, yakni Ade Londok yang viral berkat video unggahannya sambil makan kue odading “Mang Oleh”. 

Cara kerjanya pun tidak berbeda jauh dengan Youtube, dimana kamu harus membuat konten video yang unik dan menarik, serta usahakan kontennya harus original alias bukan plagiat. Dengan membuat video yang unik dan menarik, tentunya jumlah followersmu akan terus meningkat. Alhasil, akan banyak perusahaan yang mencarimu dan membayarmu untuk mempromosikan produknya. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang selebgram? 

3. Membuka Warung Angkringan

Ini dia salah satu bisnis sampingan yang kerap digandrungi oleh kaula muda di era millennial. Hal itu pun terbukti, dimana sebagian besar pemiliki warung angkringan ini rata-rata usianya berkisar 25 – 30 tahunan. Salah satu faktor yang membuat warung angkringan menjadi bisnis menjanjikan, yakni harga menu yang ditawarkannya relative terjangkau oleh isi dompet. Belum lagi dengan suasananya yang terkesan street banget, sehingga warung angkringan tidak pernah sepi dari pengunjung terlebih di hari weekend. Maka dari itu, kamu juga harus mencoba untuk memulai bisnis sampingan yang satu ini. 

4. Menjual Dimsum

Dilihat dari bentuknya, sekilas dimsum ini memang tidak beda jauh dengan siomay. Ya, dimsum itu sendiri terbuat dari daging ikan atau udang yang telah digiling, kemudian akan dibalut dengan kulit berbahan tepung (pangsit). Kuliner yang satu ini memang banyak disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua, baik itu laki-laki maupun wanita. 

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika banyak orang yang tertarik untuk meneknuni bisnis tersebut. Jika tempat tinggalmu berada di daerah yang strategis, tentu saja hal itu merupakan keuntungan bagi kamu untuk memulai bisnis dimsum. Pasalnya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk sewa lapak atau sewa kios. Untuk menghemat waktu, sebaiknya kamu mencari supplier dimsum terdekat dengan harga yang bersahabat. 

5. Menjual Aneka Minuman yang Tengah Hits

Mungkin kamu sudah sering melihat kedai-kedai minuman yang ada di pinggir jalan maupun di pusat-pusat perbelanjaan. Itu artinya, menjual aneka minuman merupakan salah satu bisnis sampingan yang cukup menjanjikan. Disamping cara pengerjaannya yang simple, modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini tidaklah terlalu besar lho. Bahkan, dengan modal sekitar Rp 2 – 3 jutaan pun kamu sudah bisa langsung memulai bisnisnya. Terlebih jika tempat tinggalmu berada di daerah strategis, sehingga modal yang dibutuhkan hanya sekitar Rp 1,5 jutaan saja. Adapun mengenai beberapa jenis minuman yang saat ini tengah hits, mulai dari minuman boba, thai tea, green tea, cappuccino, chocolate, dan lain sebagainya.

6. Membuka Warung Kopi + Gorengan

Banyak yang menganggap remeh mengenai penghasilan dari bisnis warung kopi dan gorengan. Padahal, omset per hari dari bisnis yang satu ini terbilang cukup menggiurkan lho. Bahkan, sudah banyak para pengusaha sukses yang bisa meraup keuntungan besar dari bisnis warung kopi dan gorengan ini. Nah, jika rumahmu berada di pemukiman padat penduduk atau di pusat keramaian, tentu saja harus kamu manfaatkan untuk membuka warung kopi dan gorengan. Meski uang yang dihasilkan tergolong recehan, namun jika dikumpulkan sedikit demi sediki maka akan menjadi bukit bukan?

7. Menjadi Dropship

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa menjadi dropship merupakan salah satu bisnis sampingan yang banyak digandrungi oleh kalangan muda dan mudi. Pasalnya, bisnis dropship ini berbasis online yang mana kamu tidak harus memiliki stok barang. Dengan kata lain, kamu hanya berperan sebagai perantara saja. Mengenai cara kerjanya, kamu harus menjual atau mempromosikan produk di media sosial, blog pribadi, forum, atau di situs onlineshop. Jika sudah ada konsumen yang berminat pada produkmu, kamu hanya tinggal memberi informasi pada si supplier untuk mengirim produknya ke konsumen. Setelah itu, maka  proses berikutnya akan ditangani oleh pihak supplier.

Sementara kamu akan mendapatkan laba dari selisih harga jual supplier dan harga beli konsumen. Misalkan kamu menjual sebuah tas merk tertentu seharga Rp 150 ribu, sedangkan harga sepatu dari suppliernya dipatok Rp 100 ribuan. Secara otomatis, kamu akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp 50 ribu dari setiap penjualan per tasnya. Bayangkan saja jika dalam sehari kamu sanggup menjual sebanyak 5 tas, maka kamu akan mendapatkan laba bersih sebesar Rp 250 ribu. 

8. Menjadi Reseller

Selain bisnis dropship, menjadi reseller juga merupakan salah satu bisnis sampingan yang paling banyak ditekuni oleh kalangan anak muda. Ya, hal tersebut dikarenakan bisnis reseller tidak membutuhkan modal yang besar, namun keuntungan yang dihasilkannya cukup menjanjikan. Adapun mengenai dua jenis bisnis reseller yang bisa kamu pilih, yaitu reseller online dan reseller offline. 

Apabila kamu memiliki jaringan yang luas dan pandai dalam kerkomunikasi, maka bisnis reseller ini merupakan pilihan yang paling tepat untuk dijadikan bisnis sampingan. Untuk menunjang bisnis yang satu ini, maka kamu harus mencari supplier yang sudah terpercaya. Tak hanya itu, kamu juga bisa mencari produk-produk yang ada di situs-situs e-commerce ternama. 

Baca Juga: 4 Cara Mudah Menambah Jumlah Followers Instagram Gratis!

 

Comments

Popular Posts