Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar secara Efektif


Newtimmy.com - Menurut informasi yang di dapat, area kulit yang rusak akibat luka bakar itu akan menghasilkan protein yang disebut kolagen, untuk memperbaiki sendiri pada area kulit yang rusak tersebut.

Ketika proses perbaikan, maka kulit akan menebal dan berubah warna dari asalnya (cenderung lebih gelap). Pada dasarnya, jenis luka bakar itu terbagi kedalam 3 bagian yang tergantung tingkat keparahannya.

Tingkat Pertama


Tanda luka bakar pada tingkat pertama ini masih tergolong ringan, yang umumnya hanya timbul di area permukaan kulit atas, warna kemerahan, dan disertai rasa nyeri yang ringan.

Ada sebagian orang dengan luka bakar tingkat ini yang sama sekali tidak meninggalkan bekas luka, setelah mereka melakukan penanganan yang tepat. Jika pun ada, namun bekas tersebut tampak samar alias tidak terlihat begitu jelas.

Tingkat Kedua


Luka bakar tingkat kedua ini bisa menimbulkan kerusakan pada permukaan kulit bagian atas, hingga masuk ke bagian kulit yang lebih dalam lagi.

Akibatnya kulit akan menjadi kemerahan, muncul lepuhan, dan terasa nyeri yang cukup menyakitkan. Biasanya, luka bakar pada tingkat ini akan tertinggal pada kulit.

Tapi, tingkat keparahan bekas luka yang tertinggal itu juga tergantung dari penanganan bekas lukanya dari sejak awal diobati.

Pada umumnya, proses penyembuhan luka bakar di tingkat kedua ini membutuhkan waktu sekitar 2 – 3 minggu dan mungkin meninggalkan bekas.

Tingkat Ketiga


Luka bakar pada tingkat ketiga ini merupakan kondisi yang paling parah, sehingga harus mendapatkan penanganan medis.

Dengan kata lain, luka bakar pada tingkat ketiga tidak bisa diobati sendiri dirumah. Soalnya, luka bakar tersebut telah menimbulkan kerusakan dari bagian permukaan hingga menembus ke bagian tulang dan tendon lho!

Lalu, bagaimanakah cara menghilangkan bekas luka bakar?

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

1. Menggunakan Rimpang Coptidis


Bahan alami pertama yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bekas luka bakar, yakni menggunakan rimpang coptidis.

Berdasarkan dari hasil penelitian, rimpang coptidis tersebut memiliki kandungan senyawa yang efektif untuk membantu mempercepat proses perbaikan sel kulit yang rusak akibat luka bakar.

Bukan hanya itu, tanaman yang satu ini juga sudah terbukti efektif untuk meringankan rasa sakit akibat luka bakar.

2. Menggunakan Minyak Wijen


Selain rimpang coptidis, kamu juga bisa menggunakan minyak wijen untuk menghilangkan bekas luka bakar.

Minyak biji wijen ini diyakni mampu menyerap sisa panas pada luka bakar, sehingga bisa membantu dalam mempercepat proses penyembuhan lukanya.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, minyak wijen tersebut bisa mencegah munculnya bekas luka.

3. Menggunakan Madu


Siapa sih yang tidak kenal dengan cairan kental yang memiliki rasa lezat ini? Ya, pastinya kita sudah sangat mengenal betul dengan citarasa dan khasiat madu yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Berdasarkan dari hasil penelitian, madu mempunyai sifat antiradang serta antibakteri yang dapat mempercepat proses penyembuhan luka bakar, mengurangi rasa sakitnya, hingga mengikis noda gelap akibat bekas luka.

Konon, madu ini justru jauh lebih baik untuk mengobati luka bakar ketimbang menggunakan krim antibiotic lho.

4. Menggunakan Lidah Buaya


Bahan alami berikutnya yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bekas luka bakar, yakni dengan menggunakan lidah buaya.

Dalam hal ini, kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buayanya pada area kulit yang terdapat bekas luka bakar.

Itulah beberapa tingkat dan cara menghilangkan bekas luka bakar. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca juga: Seperti Inilah Manfaat Berjemur di Pagi Hari

Comments

Popular Posts