Seperti Inilah Manfaat Berjemur di Pagi Hari

manfaat-berjemur-di-pagi-hari

Newtimmy.com - Dengan adanya pandemic virus covid-19 yang telah menginfeksi banyak orang, tentu saja peningkatan daya tahan tubuh menjadi hal yang paling penting agar tidak mudah tertular olehnya.

Ya, salah satu cara paling mudah untuk meningkatkan imun tubuh, yakni dengan berjemur di sinar matahari pagi.

Selain dapat meningkatkan imun tubuh, ternyata berjemur di bawah sinar matahari pagi juga memiliki manfaat yang tak kalah menarik lho.

Seperti apa sajakah manfaatnya? Nah, untuk mengetahui lebih jauh lagi mengenai manfaat berjemur di pagi hari, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah


Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa senyawa bernama nitric oxide akan dilepaskan ke dalam pembuluh darah setelah sinar matahari menyentuh kulit. Senyawa tersebutlah yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

Bukan hanya itu, berjemur di pagi hari juga diyakini dapat merangsang produksi vitamin D lho. Dengan menurunnya tekanan darah tinggi, tentu saja hal tersebut juga dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

2. Meningkatkan Kesehatan Tilang


Selain dapat menurunkan tekanan darah, ternyata berjemur di pagi hari juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Ya, hal itu juga dikarenakan sinar matahari di pagi hari ini bisa merangsang produk vitamin D, yang bertugas untuk menyerap kalsium dan fosfor sehingga dapat menguatkan tulang.

Bukan hanya itu, berjemur dipagi hari pun dapat memproduksi vitamin D3 yang berperan penting dalam menjaga kepadatan tulang. Itu sebabnya, mengapa para lansia sangat suka dengan kegiatan berjemur di pagi hari.

3. Meningkatkan Fungsi Otak


Seperti yang dilansir dari salah satu situs kesehatan ternama dunia, yang menyebutkan bahwa manfaat dari berjemur di sinar matahari pagi itu dapat meningkatkan fungsi otak.

Pasalnya, hal itu dikarenakan sinar matahri di pagi hari bisa memicu pertumbuhan sel saraf di hippocampus, yang merupakan bagian dari otak yang bertanggung jawab untuk membentuk, mengatur, serta menyimpan memori.

Dengan kata lain, vitamin D yang diperoleh dari berjemur dipagi hari itu bisa meningkatkan fungsi otak.

Baca juga: 6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan

4. Mampu Meringankan Depresi Ringan


Perlu kalian ketahui, bahwa tubuh yang kekurangan sinar matahari itu bisa memicu gangguan SAD (seasonal affective disorder).

Ya, SAD itu sendiri merupakan sebuah depresi umum yang dirasakan saat berada di musim dingin. Berdasarkan dari hasil penelitian, berjemur di pagi hari mampu meningkatkan kadar anti depresan alami pada otak yang berguna untuk menghilangkan depresi ringan.

Mengapa bisa demikian? Pasalnya, hal itu dikarenakan saat berjemur otak bisa memproduksi serotonin lebih banyak, yang merupakan zat untuk mengangkat suasana hati.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur


Apakah kamu termasuk salah satu orang yang memiliki masalah tidur? Jika iya, maka sangat dianjurkan bagi kamu untuk selalu berjemur dipagi hari.

Ketika sinat matahari mengenai mata, maka sebuah pesan akan dikirim ke kelenjar pinel di otak dan produksi melatonin (hormone yang dapat menciptakan rasa kantuk).

6. Mengurangi Risiko Penyakit Alzheimer


Manfaat dari berjemur di pagi hari berikutnya yang harus kalian ketahui, yakni dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer.

Bagi para penderita penyakit Alzheimer, maka mereka diharuskan untuk berjemur dari jam 9 pagi sampai 6 malam, yang kemudian diikuti dengan kegelaman malam agar mempunyai mental yang lebih baik.

Nah, itulah beberapa manfaat berjemur di pagi hari. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu ya.

Baca juga: 17 Ucapan Selamat Pagi Romantis untuk Pacarmu!

Comments

Popular Posts