6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan


Newtimmy.com - Minyak zaitun menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan kulit dan wajah. Oleh karena itu saat kamu memiliki dana lebih, maka tidak salahnya menginvestasikan sedikit dana yang dimiliki untuk membeli minyak zaitun atau olive oil untuk dikonsumsi.

Umumnya minyak zaitun ini diambil dari sebuah pohon zaitun. Didalam 1 sdm minyak zaitun terkandung 120 kalori, 14 gr lemak (9,8 gr yang merupakan lemak tak jenuh), 1 mg vitamin K, dan juga 9 mg vitamin E.

Minyak yang bebas kandungan gula, karbohidrat, ataupun protein ini juga mengandung vitamin A yang tinggi.

Kandungan zat zat tersebut membuat minyak zaitun memilki banyak manfaat untuk kesehatan.

Berikut dibawah ini manfaat minyak zaitun untuk kesehatan diantaranya yaitu:

1. Menjaga Kesehatan Jantung


Beberapa studi menemukan pola makan yang melibatkan lemak tidak jenuh bisa menurunkan kadar LDL dan juga trigliserida, dan menaikkan HDL atau kolesterol baik.

Hasil yang didapatkan ini lebih baik jika dibandingkan dengan diet rendah lemak atau tinggi karbohidrat.

Kesemua itu berkat antioksidan polifenol yang bersifat anti radang dan juga baik untuk kesehatan kardiovaskuler.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi


Riset serupa menunjukkan bahwa minyak zaitun juga bisa menurunkan hipertensi karena minyak ini akan membuat lebih aktifnya nitrit oksida sehingga akan lebih luas dan bersihnya kapasitas pembuuh darah.

3. Mencegah Infeksi


Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan imun seseorang akan melawan tubuhnya sendiri misalnya kurang gizi, stress, dan yang lainnya.

Jika kondisi tersebut tidak segera diatasi maka tubuh akan mengalami infeksi yang nantinya akan berujung dengan munculnya berbagai penyakit.

Oleh karena itu adanya manfaat anti radang yang dimiliki minyak zaitun, hal ini bisa dicegah jika rutin mengkonsumsi minyak zaitun.

Baca juga: Manfaat Buah Pepaya dan Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

4. Mencegah dan Mengatasi Kanker


Menurut riset tahun 2004 yang dipublikasikan didalam Europeran Journal of Cancer Prevention, ditemukan baik zaitun ataupun minyaknya mengandung antioksidan yang banyak seperti acteoside, hydroxytyrosol, tyrosol, dan juga asam fenil propionate.

Selain itu juga didalam minyak zaitun terkandung substansi anti-kanker seperti squalene, lignin, terpenoid, dan juga asam oleat. Beberap kandungan tersebut yang menjadikan minyak zaitun ini dapat membunuh sel kanker.

5. Mencegah Obesitas


Salah satu kunci utama untuk mengontrol insulin berlebih adalah mengkonsumsi lemak sehat yang banyak.

Hal tersebut dikarenakan lemak sehat bersifat mengenyangkan sehingga bisa membantu perut untuk tidak mudah lapar. Inilah yang menjadi salah satu alasan diet rendah lemak jarang berhasil.

6. Menyehatkan Otak


Karena sebagian besar bagian otak itu tersusun dari asam lemak, sehingga minyak zaitun bisa dijadikan sebagai makanan otak yang berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Selain itu juga minyak zaitun bisa dimanfaatkan untuk mencegah melemahnya kemampuan kognitif yang biasanya dipicu oleh stress oksidasi ataupun ADDL atau jenis protein beracun yang bisa menyebabkan demensia atau Alzheimer.

Selain itu masih ada manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya yang didapatkan dari zat zat didalamnya seperti mengatasi gangguan mood dan depresi, menyehatkan kulit, mencegah dan merawat diabetes.

Membantu menyeimbangkan kadar hormone, mencegah stroke, mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan rambut, meningkatkan kesehatan kuku, mengatasi konstipasi, membantu mengeluarkan batu ginjal.

Meski minyak zaitun ini menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, tetapi karena didalamnya mengandung lemak sehingga mengkonsumsinya tidak berlebihan atau secukupnya saja.

Baca juga: Beginilah Cara Merangsang Pria dengan Mudah

Comments

Popular Posts